.

Pages

Kamis, 08 November 2012

Wisata ke Taman Mekar Sari.....

Sejak Juli 2011 kami tinggal di Ibukota Jakarta, suasana yang baru sejak sebelumnya berada di Lampung. Tetapi kebetulan aku mempunyai beberapa sepupu yang tinggal di Jakarta dan juga Bogor. Dan saat Desember 2011, kami pun berkumpul untuk silaturahim sambil mengunjungi beberapa tempat di Bogor.
 

Salah satu yang kami kunjungi waktu itu Mekar Sari yang merupakan tempat wisata keluarga di tengah taman buah. Tempat ini berada di Jalan Raya Cileungsi Km 03 dan merupakan taman buah terbesar di Indonesia yang memiliki berbagai koleksi tumbuhan buah yang terdapat di seluruh dunia. Dengan luas hampir 265 hektar dan juga tiket masuknya yang tidak mahal, cukup membuat hiburan tersendiri bagi keluarga. Hanya saja memang jalan masuk ke tempat ini yang tergolong sangat macettttt..hehe...

 

Saat berada di dalam, kita dapat berkeliling melihat koleksi tumbuhan buahnya dengan menggunakan kereta keliling yang harga tiketnya Rp. 10.000,- Memang antrian untuk beli tiket ini bener2 puanjanggg dan puanjanggg..hehe..tapi setelahnya insya Allah gak rugi deh saat menikmati perjalanan si kereta tersebut. Dan jangan khawatir, selama di dalam kereta ada panduan mengenai tempat2 yang kita lewati, ada areal pembibitan, area persemaian, kebun wisata melon, durian, salak, rambutan, jeruk, nangka, belimbing dan lainnya. Dan pastinya anak2 akan sangat antusias untuk mendengar panduan itu dan melihat kebun2 yang mereka lewati.


 


Dan bila membawa anak2, jangan khawatir tentang makanan dan minuman, karena didalam taman wisata banyak dijual makanan baik nasi ataupun snack sehingga kita gak takut kesulitan untuk mengisi perut saat berlama2 di dalam area ini.


Buah-buah yang berada di Taman Wisata ini dapat kita cicipi dan kita beli bibitnya karena memang disediakan area untuk mencicipi dan untuk pembelian bibit. Selain species yang memang ada disitu, ternyata disini juga mengoleksi hasil kreasi sendiri dari Laboratorium Mekarsari. Yang unik ada perkawinan silang antara cempedak dan nangka. Jadi ada buah cempedak tetapi besarnya seperti buah nangka.


Setelah kita naik kereta, coba berhenti di dekat outbound, disitu ada taman dipinggir danau buatan yang bisa membuat kita beristirahat sambil anak2 bermain, juga disini tersedia koleksi sovenir dan juga buah2an yang dapat kita beli, seperti buah markisa dengan harga yang terjangkau. Benar2 bisa membuat hiburan yang menarik untuk kita dan anak2.
 


Saat pulang kita juga bisa membeli bibit2 buah dan tanaman di Garden Centre. Harga2 juga sangat terjangkau dan tanaman atau bibit yang dijual sudah dalam kondisi yang bagus untuk ditanam sehingga mungkin hanya perlu pupuk tambahan saja. Wah...pastinya perjalanan kesini gak akan merugikan karena selain rekreasi sekalian menambah pengetahuan anak2 tentang jenis2 tanaman. Okay..smoga tulisan ini bermanfaat untuk informasi tentang Taman Wisata Mekar Sari...