.

Pages

Rabu, 28 Agustus 2013

Makanan Yg Tidak Boleh Disimpan Di Kulkas...

Wahai Ibu2 dan adik2 remaja...kali ini aku berbagi tips ya tentang judul di atas. Semoga tips ini bisa menambah wawasan mengenai bahan2 memasak kita..Aamiin...

Ada 7 makanan yg tidak boleh disimpan di kulkas, apakah itu...cekidotttt...

1. Tomat
Tomat yg disimpan dalam kulkas akan menjadi layu dan meskipun masih bisa digunakan untuk dimasak namun tidak untuk dimakan segar. Jadi simpanlah tomat di meja dapur namun tidak terkena sinar matahari langsung.




2. Kemangi
Daun kemangi biasanya digunakan untuk lalapan ataupun campuran untuk sayur khas tradisional seperti pindang. Daun ini juga ditanam di lingkungan yang panas sama seperti tomat. Kalau dimasukkan ke kulkas, kemangi bisa layu dan sudah tidak dalam keadaan segar untuk dikonsumsi. Kemangi akan berada dalam kondisi baik jika disimpan di atas meja dapur dan dirawat seperti bunga segar atau disimpan dalam sebuah cangkir berisi air yang diganti setiap hari atau 2 hari sekali, serta jauhkan dari sinar matahari.



3. Kentang
Menyimpan kentang di dalam kulkas dapat mengubah zat tepungnya menjadi gula yang dapat mempengaruhi rasa, tekstur dan proses kematangannya. Kentang baik disimpan pada suhu yg dingin namun bukan suhu dingin yg bisa membuatnya beku, jadi lebih baik kentang disimpan di dalam kantong kerjtas dan ditempat dingin seperti lemari makanan krn kertas memiliki pori-pori yg bisa tetap membuat kentang bernapas.


4. Bawang
Simpanlah bawang di suhu ruangan karena cahaya matahari secara langsung dapat menyebabkan rasa bawang menjadi pahit. Tapi berbeda dengan daun bawang dan kucai memiliki kadar air yg tinggi dan lebih mudah rusak, jadi harus disimpan dalam kulkas.


5. Alpukat
Alpukat yang belum matang bisa disimpan dalam lemari makanan, dan simpan alpukat yg telah matang dalam kulkas apabila buah tersebut tak akan dimakan saat itu juga agar tidak cepat membusuk.


6. Mangga
Mangga yang belum matang lebih baik disimpan pada suhu ruangan agar cepat matang dan bukan di kulkas karena dapat membuat kulitnya mengkerut dan daging buahnya menipis.

 
7. Pisang
Pisang yang telah matang jika disimpan terlalu lama dikulkas akan menjadi hitam dan bonyok. Lebih baik menyimpan pisang pada suhu ruangan. 

 
***Sumber : Facebook "My Resep"