.

Pages

Rabu, 25 Maret 2009

Membuat Rumah Sejuk & Nyaman

KONSEP back to nature cocok diterapkan Anda yang menginginkan tempat tinggal sejuk dan alami. Arsitektur bangunan dan material tertentu bisa mewujudkan keinginan Anda itu. Iklim dunia yang semakin tidak menentu, di samping ancaman pemanasan global, tengah melanda seluruh bagian dunia saat ini. Bagaimana cara kita menyikapinya dan turut berperan aktif dalam mengurangi kerusakan di muka bumi ini?
...
Di antaranya dengan lebih bijaksana dalam penggunaan sumber daya alam dan tidak menggunakan energi secara berlebihan.Prinsip utama yang akan diterapkan di sini adalah menjaga agar panas tetap berada di luar ruang dengan menggunakan metode nonmekanis yang mampu mengurangi aliran panas, meningkatkan sirkulasi, dan pertukaran udara, serta meminimalkan radiasi panas yang diserap bangunan.
...
Hal yang mungkin menjadi solusinya adalah pemilihan atap yang miring dan peninggian dinding rumah, penambahan teras / beranda di ruang terbuka, membuat bukaan pintu dan jendela yang cukup, memilih warna rumah yang mendukung, penggunaan material bangunan yang dapat menyerap radiasi panas berlebih, membuat taman disekitar rumah, pembuatan kolam yang dapat menambah kesejukan.
...
Dengan melakukan hal tersebut, maka diharapkan tingkat radiasi panas dalam bangunan akan berkurang dan terjadi aliran udara yang baik sehingga dapat tercipta kesejukan di seluruh ruangan.
...
Demikian hal yang dapat dilakukan untuk meredam dan menetralisir panas serta mengurangi penggunaan energi yang berlebihan. Semoga bermanfaat.

*** Disadur dari : www.okezone.com