.

Pages

Selasa, 10 Maret 2009

Demam Facebook...


Facebook...semua sekarang sedang demam facebook. Hampir semua orang bicara facebook. Kalaupun ada yang belum tau facebook, Hah...? hari gini lum punya facebook...gubrak...hehehe...

Termasuk aku yang juga hampir tiap hari selalu luangkan waktu utk buka situs pertemanan itu. Emang sih, banyak banget yang bisa didapat dari facebook. Terutama teman2 lama, di fb itu kita bisa tanpa sengaja bertemu teman2 lama, seperti teman es de, es em pe, or es em a, yang notabene udah lama banget gak ketauan kabar beritanya. Terus, kita juga bisa dapet teman baru yang bisa kita dapet dari temannya teman kita, atau dari grup yang kita ikuti. Yach...itu menurutku sisi menariknyadari fb itu.

Btw...Memang sebenarnya apa arti Facebook?


Facebook adalah situs web jejaring sosial yang diluncurkan pada tanggal 4 Pebruari 2004. Penemunya adalah Mark Zuckerberg seorang mahasiswa Harvard College yang (pada saat itu) baru berusia 23 tahun. Meskipun baru berusia lima tahun sejak Facebook ditemukan, ternyata penggunanya tercatat sudah 150 juta orang.

Orang memanfaatkan Facebook untuk berbagai kepentingan. Ada yang menggunakan untuk chatting, ajang silaturahmi, mencari teman lama bahkan untuk ajang kampanye. Facebook kian melambung ketika Barack Obama, yang saat itu masih Capres AS, menggunakan Facebook untuk menggalang dukungan dana sekaligus untuk berkampanaye. Lewat ajang Facebook tercatat ada 5.338.731 orang yang menjadi sahabat Obama. Dan ternyata, Facebook bisa mengantarkan Barack Obama menduduki kursi Presiden AS. Fantastik bukan ??

Bahkan sebagaimana yang dimuat dalam Sriwijaya Post, mulai bulan September 2006 sampai dengan September 2007, peringkat Facebook naik dari posisis ke-60 ke posisi ke-7 situs yang paling banyak dikunjungi. Sampai saat ini, Facebook adalah situs nomor satu untuk foto di Amerika Serikat dan mampu mengungguli situs lainnya seperti Flickr.

Bagaimana dengan kondisi di Indonesia ? Sejak Facebook makin meroket, banyak orang yang meninggalkan situs jejaring sosial lainnya seperti Friendster dan mulai beralih ke Facebook. Facebook seolah telah menjadi lambang pergaulan saat ini.Menurut catatan Situs Allfacebook.com, saat ini telah tercatat lebih dari satu juta orang yang terdaftar dalam account Facebook. Jumlah ini masih akan terus bertambah dengan kecepatan yang fantastis, mengingat pada bulan Desember 2008 penggunanya masih sekitar 700 ribu orang. Saat ini Facebook telah berada di rangking kelima sebagai situs yang paling banyak diakses di Indonesia. Indonesia menjadi Negara Asia Tenggara dengan tingkat pertumbuhan Facebook tercepat. Bahkan Indonesia tercatat dalam sepuluh besar negara pemakai situs yang mulai dibuka untuk umum mulai tahun 2006 ini.


Jadi singkat kata, cukup masuk akal apabila saat ini makin banyak orang yang terkena demam Facebook. Disela himpitan pekerjaan, maka munculnya Facebook dengan segala kemudahannya berhasil menjembatani kebutuhan manusia untuk tetap berinteraksi dengan orang lain. Apalagi kalau bisa menjalin kembali silaturahmi dengan teman lama yang telah sekian puluh tahun "kehilangan jejaknya".

Pertanyaannya sekarang, sudahkah anda punya account Facebook ? hehehe...