.

Pages

Selasa, 29 Maret 2016

Novel HUJAN Tere Liye...


Kenapa kita mengenang banyak hal saat hujan turun? Karena kenangan seperti hujan, ketika dia datang, kita tidak bisa menghentikannya, Bagaimana kita menghentikan tetes air yang turun dari langit? Hanya bisa ditunggu, hingga selesai dengan sendirinya...
(Kutipan dari Novel "HUJAN")

Apa yang terjadi jika hujan tidak pernah turun lagi? Apa yang terjadi, jika kamu tidakpernah mengingatku lagi? Seperti orang-orang yang lupa tentang hujan?
(Quote Tere Liye tentang Novel "HUJAN")

HUJAN..ya itu judul salah satu novel dari penulis yang sedang ngetrend saat ini, Tere Liye. Dari sekian banyak novelnya, kebetulan gadisku, Ses Tasya, yang notabene suka mengoleksi novel2, memang sudah banyak memiliki koleksinya. Tapi entah kenapa aku lebih tertarik untuk membaca novel Tere Liye dengan judul satu ini. Dan memang isi nya menarik dan beberapa makna bisa diambil dari sana. 

Novel dengan tokoh utamanya, Lail seorang gadis muda dan Esok seorang perjaka muda. Novel ini sebenarnya novel romatis yang dibalut dgn science fiction. Keduanya dikisahkan bertemu saat kejadian tragis Gempa yang meruntuhkan kereta bawah tanah yang membuat Lail harus menyaksikan kehilangan Ibunya didepan matanya, dan Esok yang kehilangan 4 kakak lelakinya dan harus menerima saat Ibunya diamputasi kaki. Saat itu terjadi ketika HUJAN...membuat Lail menjadi tidak suka dengan hujan karena kenangan buruk itu. 

Tere Liye memberikan imajinasi di novel ini, dgn menghadirkan karya2 ilmiah yang masih khayalan, hehe..seperti alat kesehatan super canggih yang bisa memodifikasi ingatan bahkan untuk mendelete apa yang ada didalam ingatan, juga kursi roda canggih yang dipakai Ibu Esok, juga mobil walikota yang bisa jalan tanpa dikemudikan, dan endingnya kecanggihan kapal antariksa yang menerbangkan keluar bumi...

Beberapa peristiwa semua terjadi di saat Hujan, dengan hadirnya tokoh lain, seperti Elijah yang membantu Lail untuk menghilangkan memorinya, juga Maryam sahabat Lail yang berambut kribo, dan juga alur yang dibuat maju mundur membuat novel ini menarik untuk dibaca. Kisah  cinta Lail dan Esok yang rumit karena terpisahkan oleh jarak dan kesibukan masing2. Namun karena endingnya happy jadi suka membaca kisahnya..hehe..

Novel ini mengajarkan kita bagaimana harus berjuang, bagaimana untuk terus melangkah maju, untuk menghargai persahabatan, menghargai arti cinta, dan bagaimana manusia harusnya memiliki keikhlasan. 

Demikianlah info dariku ttg novel ini, biar gak penasaran baca deh lumayan untuk mengisi waktu senggang kita dan selingan menambah makna positif dalam perjuangan hidup..hehe...