.

Pages

Selasa, 10 Februari 2015

Liburan Akhir Tahun 2014 Ke Lembang...(Bagian 2-Tamat)

...Bagian 2 (Tamat)...

Teman2...aku lanjutin ya cerita tentang Liburan ke Lembang kami akhir 2014 lalu. Smoga ada manfaat dari tulisan ini..cekidot..

c. Dusun Bambu
Daerah wisata satu ini lagi bisa membuat kita menghirup udara segar sesegar2nya, hehe..Bagaimana tidak, tempat wisata ini terletak di kaki gunung Burangrang Lembang, menyajikan tempat2 yang indah dan sejuk seperti area pinggir danau yang dilengkapi dengan pondok2 dari bambu, area taman dengan bunga bewarna warni, dan tentunya juga kuliner yang super banyak macamnya. 


Harga tiket masuknya pun gak mahal, Rp.15.000/orang saja. Dan bila terjadi kepadatan dipintu masuk, maka mobil kita dapat diparkir di area khusus di luar daerah wisata itu, tetapi disediakan shuttle car untuk menuju ke dalamnya dengan gratis. Sepertinya kenyamanan pengunjung tetap diperhatikan disini...

Apasaja kah pemandangan indah di Dusun Bambu..Berikut ini beberapa photo yang kami ambil yang bisa menggambarkan suasana di sana...




Photo di atas adalah pemandangan Saung Purbasari, yaitu saung yang dibuat didalam pondok2 bambu yang saling mengelilingi danau dan menghadap ke  Cafe Burangrang. Dini juga ada sampan yang menjadi penghubung antara saung tersebut, dan pemandangan disini indah sekali untuk berfoto.

Kemudian, ada tempat unik lainnya, yaitu Lutung Kasarung. Lutung Kasarung, adalah nama tempat makan (restaurant) di sini yang dibuat sedemikian rupa menyerupai sarang burung, jadi bener2 dibuat seolah kita sedang makan di alam bebas dan benar2 membuat hati jadi gimana gitu ya..hehe..dan aneka menunya pun masih dalam jangkauan/gak terlalu menguras kantong. Begini tampaknya tempat ini ...


Kemudian ada Cafe Burangrang, yaitu tempat kulinernya yang dibuat tingkat dua yang bergaya rumah kaca. Disini dijual berbagai macam kuliner khas Indonesia dengan harga terjangkau yang dibeli dengan menukarkan koin terlebih dahulu.



Kemudian, dibelakang Cafe Burangrang, ada taman bunga yang sangat indah. Ditumbuhi dengan baik aneka bunga pegunungan yang indah, terutama ada bunga yang berwarna ungu dalam jumlah banyak sehingga indah dan cantik untuk berpose di sini...





Dan area Dusun Bambu, ada juga air terjun mini yang dialiri sungai dengan suara gemericik air yang bisa membuat pendengaran serasa berada di alam pedesaan yang asri dan natural. Juga ada kebun strawbery yang kita bisa mencicipi kesegaran buahnya dan memetik sendiri untuk dibawa pulang, tentunya harus dengan membelinya ya, hehe..


 

Dan..disinipun ada area permainan Panahan yang bener2 digandrungi dua anak lelakiku..hehe..yang pastinya mrk cobain area ini. Tapi tiket mainnya pun gak mahal, hanya Rp. 20.000/orang. Senangnya disini, pemandunya pun ramah banget sehingga pengunjung lagi2 merasa nyaman.




Kesan kami di Dusun Bambu, lagi2 begitu menyenangkan untuk merileksasi pikiran dari kejenuhan aktifitas padat sehari2. Jadi, bila sedang di Lembang, jangan lupa deh untuk mendatangi tempat wisata murah ini juga, walaupun perjalanan menuju kesini memang rada memakan waktu dan berzigzag naik turun begitu namun mungkin bisa menjadi pengalaman yang indah juga sepanjang perjalanan krn pemandangan asrinya tempat yang kita lewati di sepanjang jalan menuju ke sini.


d. Tangkuban Perahu
Tempat wisata terakhir yang kami kunjungi selama berada di Lembang adalah Tangkuban Perahu. Mungkin sebagian dari kita sudah tidak terlalu kaget dengan nama dari tempat wisata ini, krn legenda "Sangkuriang" yang mungkin kita pelajari saat menginjak SD (Sekolah Dasar). Memang kawasan ini masih termasuk gunung dengan kawahnya yang masih aktif. 

Perjalanan ke Tangkuban Perahu melewati jalan berliku menaiki pegunungan yang udaranya masih benar-benar sejuk. Tiket masuk ke sini memang paling mahal dibanding tempat wisata yang kami kunjungi sebelumnya. Rp. 35.000/orang tetapi mungkin itupun masih termasuk wisata murah untuk saat ini.


Walau selama perjalanan ke atas puncaknya dilalui dengan berkelak kelok, namun tetap saja kita bisa menikmati keindahan alam yang terdiri dari hutan yang masih asri. Gunung Tangkuban Perahu memiliki kawah yang besar yang disebut "Kawah Ratu", yang bisa memberikan kita panorama alam yang menakjubkan. Gas sulfur (belerang) masih keluar dari kawah ini, terlihat dengan adanya desiran air kecil dan asap di dalam kawahnya.







Pemandangan menakjubkan dalam kawah Ratu tersebut, membuat kita tergugah untuk mengambil foto dengan menampakkan bagian dalam kawah. Walaupun kita hanya tampak jauh, tapi tidak mengurangi keindahan panorama alam yang satu ini. Disini pun banyak dijumpai para penjual, seperti menjual jagung bakar, dan juga menjual pernak pernik sovenir khas Tangkuban perahu seperti tas, baju kaos, topi dan lainnya. 




Berkeliling mengitari kawah akan menambah keindahan khasanah kita akan keagungan ciptaan Allah SWT. Dengan wisata alam seperti ini kita seolah menambah nilai religi betapa Maha Besarnya Allah SWT menciptakan semua panorama itu. 


Demikianlah cerita jalan-jalan kami ke wisata alam di Lembang. Semoga semua yang telah kuceritakan akan dapat memberi sedikit manfaat bagi kalian yang membacanya. Aamiin..