.

Pages

Kamis, 22 Januari 2009

Hikmah Perjalanan Haji 2008..




Perjalanan ke tanah suci sudah pasti banyak membekas di relung hati bagi siapa saja yang melaksanakannya. Tak berbeda juga denganku. Perjalanan itu selain memberiku banyak pembelajaran tentang ilmu2 agama yang ternyata tak seperti yang kubayangkan, juga menambah rasa kedekatan kita kepada Sang Khalik, dan yang terpenting menorehkan moment terindah dalam kehidupan yang bagiku belum pernah kualami sebelumnya. Dan mungkin akan selalu kurindukan untuk kembali lagi ke sana. Aamiin..

Tapi dibalik itu semua, selain hikmah yang ada pada diriku...juga terhadap ketiga buah hatiku...Ternyata dibalik perjalananku itu, menjadi pembelajaran utk mereka merasakan hidup mandiri bertiga tanpa adanya sentuh tangan dari orang tua.
Setiap malam, aku memang mewajibkan tasya untuk mengirim sms kepadaku tentang kegiatan mrk bertiga disiang hari secara detail..dengan maksud agar disela2 ibadah aku pun masih memperhatikan mereka. Yach..dengan cara seperti itu untuk mengobati rasa kangenku terhadap mereka.

Dan ternyata..banyak kemajuan pada mereka. Yang awalnya mungkin tasya kurang bisa menjaga dan memperhatikan adik2nya, berubah menjadi seorang kakak yang care terhadap adik2nya, mulai dari mengajak solat berjamaah, juga mengurus waktu makan adik2nya, memeriksa pe er (hihi...), memotong kuku adik2nya, menina bobokan rafli kalau mau tidur, menyiapkan seragam sekolah adik2nya. Hmmm....i love to hear that.

Dengan merasa orang tuanya jauh dan waktu yang lama (kurang lebih 40hari), mereka benar2 dididik menjadi anak yang bisa mengatasi masalah sendiri.
Kemudian iqbal...dia pun banyak berubah, tadinya dia terkadang suka berselisih paham dengan sang adik (rafli) dalam hal bermain...sekarang dia jadi seorang pengalah yang takut adiknya menangis, juga rela membagi makanan untuk adiknya bila sang adik meminta lagi bagian sang kakak. Yang bisa pe de menjadi imam sholat untuk sang kakak dan sang adik, juga bisa memimpin doa setelah solat walaupun masih membaca literatur. Hmm...that's good honey...

Rafli...biasanya sulit untuk dibangunkan pagi tuk berangkat sekolah...menjadi berubah dengan buru2 bangun dan bersiap2 sekolah.

Alhamdulillah ya Allah..dibalik hikmah untukku..ternyata Engkau memberi kebaikan kepada ketiga anak2ku. Semoga ini terus menjadi kebaikan untuk aku, suamiku dan ketiga anakku. Aamiin.