.

Pages

Senin, 19 Oktober 2015

Rahasia Memiliki Anak Perempuan...

Begitu pentingnya Islam memperhatikan anak perempuan, Rasulullah SAW dan Al Qur'an memperingatkan pada para orang tua. Pada zaman Jahiliyah, masyarakat lebih mencintai anak laki-laki dan mendahulukannya daripada anak perempuan. Bahkan di antara mereka ada yang membenci dan menjauhi istrinya karena melahirkan anak perempuan bukan anak laki-laki. 

Namun ketika datangnya Islam, dengan sinarnya yang cemerlang menyinari, Islam menyeru dengan lantang dengan keutamaan mendidik anak perempuan. Islam menawarkan banyak kebaikan dan pahala yang besar atas mendidik anak perempuan bagi orang tua yang melaksanakan tugas mulia ini. 


Mendidik anak perempuan juga dapat mengantarkan masuk surga. Diriwayatkan oleh Aisyah RA..ia berkata "Aku kedatangan seorang ibu miskin yang membawa kedua anak perempuannya. Aku berikan kpdnya tiga butir buah kurma. Kemudian ia memberikan masing2 dari kedua anaknya satu butir kurma dan yang satu butir lagi ia ambil untuk dimakan sendiri. Akan tetapi, ketika ia akan memakannya, kedua anaknya meminta lagi. Akhirnya kurma itu dibelah dua dan diberikan kepada dua anak perempuannya. Kejadian itu mengagumkanku, maka aku ceritakan hal itu kepada Nabi SAW. Dengan demikian beliau bersabda Allah SWT mengharuskan ibu itu masuk surga atau membebaskannya dari neraka disebabkan kasih sayangnya thd anak perempuannya (HR. Muslim)."


Selain itu, mendidik anak perempuan dapat mengangkat derajat. Rasulullah SAW telah bersabda :"Barangsiapa mengurus dan mendidik dua anak perempuan hingga dewasa maka ia datang di hari kiamat bersamaku." Beliau merapatkan jari-jemarinya. (HR Muslim). 

Rasulullah SAW menerangkan beberapa syarat yg harus dipenuhi oleh orang yg ingin masuk surga, yaitu dengan berbuat ihsan thd anak perempuan dengan rincian sbb :
1. Merawatnya hidup dan tidak menguburkannya hidup2 seperti yang dilakukan oleh orang2 jahiliyah. 
2. Memuliakan, memelihara dengan baik dan memperlakukannya dengan penuh kasih sayang, kebanggaan dan penghormatan tanpa merendahkan ataupun menghinakan. 
3. Tidak mengutamakan anak laki-laki ketimbang anak perempuan dalam memperlakukan mereka. 
Barangsiapa yang dapat merealisasikan tiga syarat di atas maka ia sangat patut untuk mendapatkan pahala tsb di atas yaitu masuk surga. 


Mendidik anak perempuan akan menjadi tabir dan penghalang dari api neraka. Rasulullah SAW bersabda : "Barangsiapa memiliki tiga anak perempuan kemudian ia sabar merawat dan mendidik mereka serta ia memberi makan dan minum mereka dari apa2 yang ia dapatkan, maka anak2 perempuan tsb akan menjadi penghalang baginya dari api neraka di hari kiamat (HR Ahmad)."


Alhamdulillah...kami diberi Allah SWT rezeki anak perempuan. Semoga kami berdua bisa menjaganya, mendidiknya menjadi anak sholehah, berakhlakul karimah dan semua jerih kami bisa berguna utk kehidupan akhiratnya kelak dan menjadi penghalang kami dari api neraka di hari kiamat...Aamiin Yaa Robbal 'Aalamiin...

Sumber tulisan : Ustad Yusuf Mansyur