.

Pages

Senin, 07 Mei 2018

(Bagian Empat) Jalan-jalan ke New Delhi, India.. 02 - 04 Mei 2018..

Hari ke-5 kami di India, kamipun beranjak dari Agra ke New Delhi, ibukotanya India, dengan kereta yg hanya 2 jam perjalanan...  Sampai di Delhi, kebetulan hotel kami hanya jalan kaki saja dr stasiun kereta NDLS. Kesan pertama Delhi, lebih modern dari Jaipur dan Agra. 

Qutub Minar

Tempat pertama yg kami datangi ya lagi2 Situs warisan Unesco, QUTUB MINAR namanya, adl menara batu bata tertinggi di dunia yaitu 72,5meter yg ditulis dgn kaligrafi arab yg dibangun thn 1192 oleh Raja Qutubbudin. Tiket masuknya 500Rupee (Rp 100ribu). Ada 379 anak tangga utk mencapai puncaknya tapi tidak dibuka utk umum lagi saat ini. Diameter menara ini 15m dibagian bawah dan 2,5m di puncaknya.

Sebenarnya ini adalah menara utk muadzin mengumandangkan azan dari Masjid Quwwatul Islam yg ada di sebelahnya, yg mrp masjid tertua di India sejak Islam masuk ke negara ini. 

Pahatan kaligrafi Arab dari ayat suci Alquran itu dibuat menyerupai secarik kain yang melingkar mengikuti kontur sudut dan bulat permukaan batu di dinding menara, menjadikan menara batu merah itu kadang terlihat seperti batang-batang bambu yang diikat tali.

Karena beberapa kali terkena imbas bencana alam gempa bumi dan petir, jadi memang banyak bagian yg rusak, tetapi tak mengurangi sejarah kemegahan Islam di jaman itu.  So far, tetap terkagum akan keindahan ciptaan Allah di belahan bumi sana..👍












Lagi ttg Delhi, India... 
Masih teringat dgn kemodernan New Delhi dibanding Jaipur dan Agra, sudah ada MRT yg bener2 rapi dan nyaman, penduduknya sudah berpakaian modern terutama wanita, agak jarang melihat yg memakai baju sari,banyak taman2 yg bersih dan indah, kecuali di Old Delhi nah ini masih tradisional banget, oke ini bbrp kilasan tempat yg kami datangi di Delhi...


Istana Rashtrapati Bhavan

Istana Rashtrapati Bhavan, istana tempat tinggalnya Presiden India sejak 1950, terletak di Rajpath New Delhi, garis lurus dgn India Gate. Arsitekturnya megah dan cantik. Mudah diakses dengan metro. Istana presiden bersebelahan dengan Kementrian Keuangan dan Kementerian Luar Negeri. 






Museum Nasional India

Dibangun pada tahun 1949, menyimpan benda2 yg berasal sejak masa prasejarah hingga seni modern. Terdapat 200.000 benda seni, yang berasal dari India maupun daerah lain, yang berumur 5000 tahun. Letaknya gak jauh dari Istana Presiden.




Dilli Haat

Tempat ini semacam food & craft bazar dari semua propinsi2 yg ada di India, jadi seperti pameran budaya tradisional India..



India Gate

India Gate atau Gerbang India, yg sering disebut mirip bentuk bangunan Arc de Triomphe di Paris Perancis. Adalah monumen nasional India yang dirancang Sir Edwin Lutyens. Aslinya gerbang ini dikenal dengan nama “Tugu Peringatan Perang Seluruh India”, untuk memperingati pengorbanan 90.000 tentara India Britania yang tewas membela Imperium Britanian di India saat Perang Dunia I. Tepat di garis lurus dengan Istana Presiden India  yang dihubungkan dengan jalan raya lebar dengan taman bunga di sisi kanan kiri jalan. .




Jama Masjid

Terletak di kawasan Old Delhi. Masjid ini didirikan oleh Kaisar Mogul, Syah Jehan, yang juga membangun Taj Mahal. Masjid ini berada di lingkungan yg crowded banget jadi sangat berhati2 pas berada di area ini, dan saat kami kesanapun ada semacam hujan debu yg benar2 buat jantung deg2an tapi orang2 disana mungkin sudah terbiasa, tapi dibalik ketidaknyamanan suasananya so far tetep terkagum dengan keindahan masjid itu. 




Agrasen Ki Baoli

Berkunjung ke tempat paling berhantu di India, namanya stepwell Agrasen Ki Baoli. Letaknya di tengah hingar bingarnya New Delhi, tempat ini dibangun abad ke-14, dgn panjang 60m dan lebar 15m, dengan 108 anak tangga ke bawah..

Awalnya adalah utk menampung air, tetapi cerita yg berkembang airnya menjadi hitam dan mempunyai kekuatan magis utk orang melemparkan diri ke dalamnya dan tenggelam. Memang gak diinfokan brp sudah korban yg suicide disini tetapi saat melihat ke dalam bangunannya tampak kelelawar berkumpul banyak dan memang air hitam itu sekarang mengering, membuat suasananya 'rada' mencekam. 

Menurut org setempat pengunjung tdk boleh berlama2 ditempat itu apalagi menjelang malam. Krn banyak saksi mata melihat seperti ada bayangan gelap yg mengikuti dan banyak cerita seram lainnya. Tapi alhamdulillah saat kami disana hanya 30menitan dan disiang hari yg terik, dan fine2 aja, krn kami memang hanya mengagumi keartistikan bangunan lama itu bukan utk membuktikan kemistisannya, dan masuk ke sini pun gratis.

Tempat inipun pernah dijadikan shooting beberapa film Bollywood. So far, tempat yg menarik buat dikunjungi..












Itulah cerita perjalanan di New Delhi India.. tetap berkesan di hati dan menambah kebersyukuran atas segala rahmad yang diberi-Nya. Smoga tetap bisa memberikan manfaat dari tulisan-tulisan ini bagi yang membutuhkannya...