.

Pages

Rabu, 22 April 2015

Bulan Rajab Salah Satu Dari Bulan Haram/Dimuliakan...


"Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, diantaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri sendiri dalam bulan yang empat itu...."
(QS. At Taubah : 36)

4 bulan haram tersebut adalah tiga bulan berturut-turut yaitu bulan Dzulqa'dah, Dzulhijjah, Muharram dan Rajab (antara Jumadil Akhir dan Sya'ban). Pada tanggal 20 April 2015 bertepatan dengan datangnya 1 Rajab 1436H, jadi kita sedang berada dalam salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT.


MAKNA DARI PENAMAAN BULAN HARAM/MULIA

Makna yang dzahir dari penamaan haram karena pada bulan-bulant tsb Allah SWT melarang kita untuk berbuat zalim karena Allah memuliakan bulan tersebut. Seperti Allah SWT melarang untuk berperang di bulan-bulan itu. 


YANG PERLU DIPERHATIKAN DALAM BULAN HARAM

Al Hafizh Ibnu Katsir berkata dalam tafsirnya :
"Allah SWT berfirman, "Maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu." Maksudnya adalah dalam bulan-bulan yang terhormat tersebut, karena dosanya lebih besar dibandingkan pada bulan-bulan lainnya. Begitupun juga dengan perbuatan baik, bagi yang beramal shalih pada bulan ini akan menuai pahala yang besar sebagai kasih sayang dan kemurahan Allah SWT kepada para hambanya. 

Namun bukan berarti setiap muslim boleh melakukan amal ibadah sekehendaknya tanpa didasari dalil yang jelas dari perintah Allah SWT dalam Al Qur'an dan petunjuk Rasulullah SAW melalui Haditsnya. Karena tanpa adanya dalil tersebut maka amalan tersebut menjadi tertolak. 


PUASA KHUSUS DI BULAN RAJAB BENARKAH ?

Imam Al-Hafidz Ibnu Hajar Asy-Syafi'i berkata :
"Tidak terdapat riwayat yang shahih tentang keutamaan bulan Rajab, juga tentang keutamaan puasa pada bulan tersebut secara khusus. Demikian juga tentang Qiyamul Lail (shalat malam) secara khusus pada bulan tsb."

Jadi trend saat memasuki bulan Rajab, sebagian kita mengirimkan pesan kepada saudara lainnya utk mengajak berpuasa di bulan Rajab. Hadits-hadits yang menganjurkan puasa di bulan Rajab itu dho'if (lemah) berarti bukan hadits shahih. Jadi bila ingin berpuasa di bulan ini boleh tetapi tidak boleh mengkhususkan puasa pada tanggal-tanggal tertentu di bulan Rajab tanpa dalil yang shahih.


PERISTIWA PENTING TERJADI DI BULAN RAJAB

Isra Mi'raj seperti kita ketahui terjadi pada 27 Rajab yaitu perjalanan Rasulullah Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Dimana pada peristiwa bersejarah inilah Allah SWT menurunkan perintah shalat 5 waktu yang menjadi indikator amal ibadah seorang hamba.


Semoga kita dimudahkan untuk menjalankan amalan baik sebanyak-banyaknya dengan penuh keikhlasan dan mengikuti tuntunan Rasulullah Shalallahu'alaihi wasallam, dan dimudahkan untuk menjauhi segala larangan Allah SWT. Aamiin...
Referensi : Line Berdakwah...